Tuesday 2 October 2012

Pengertian Computer, Information, Communication, IT, ICT, ICCT

1. Computer
Menurut Blissmer (1985), yang dimaksud computer adalah piranti elektronik yang mampu melaksanakan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai yang diperintahkan, menyimpan data – data yang telah diproses dan menyediakan output yang berupa informasi. Di dalam Wikipedia dijelaskan bahwa kata computer pada awalnya digunakan untuk mendefinisikan orang yang melakukan perhitungan aritmatika tanpa mesin pembantu.

2. Information
Menurut Davis dalam Abdul Kadir (2003: 28) Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang berarti bagi yang menerima dan memiliki manfaat bagi pengambilan keputusan pada waktu sekarang atau saat mendatang.

3. Communication
Komunikasi adalah proses pemindahan informasi / pesan  dari seseorang ke orang lain. Prasarat adanya sebuah komunikasi adalah adanya orang yang mengirim pesan, sesuatu yang disampaikan (pesan), dan orang yang menerima pesan tersebut. Bila dilihat dari syarat tersebut maka pertama kalinya komunikasi yang terjadi di bumi adalah ketika Nabi Adam bertemu dengan Siti Hawa.

4. IT ( Information Technology)
Information technology disebut juga teknologi informasi di dalam bahasa Indonesia. IT adalah istilah teknologi yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan atau menyebarkan informasi. Sebagai contoh teknologi informasi tidak hanya computer, tetapi televise, radio, dan telefon genggam juga termasuk didalamnya.

5. ICT (Information and Communication Technology )
ICT dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan Teknologi informasi dan Komunikasi Menurut Puskur Diknas Indonesia, TIK mencakup 2 aspek, yaitu :
a. Teknologi Informasi : meliputi semua hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, dan pengelolaan informasi.
b. Teknologi Komunikasi : semua hal yang berkaitan dengan pemakaian alat bantu untuk memproses dan mengirim data dari piranti yang satu ke piranti lainnya. Dari penjelasan diatas disimpulkan bahwa TIK / ICT adalah suatu padanan yang tidak bisa dipisahkan yang mengandung penjelasan yang luas tentang semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, pengelolaan, dan pemindahan informasi antar media.

6. ICCT = Information Communication Collaboration Technologi.
Jika dilihat dari penerjemahannya ke dalam bahasa Indonesia, ICCT dapat diartikan kolaborasi teknologi informasi dan komunikasi. Jadi ICCT merupakan penggabungan antara teknologi informasi dan komunikasi. Mungkin hampir sama dengan ICT, namun secara pastinya seperti apa juga kurang memahami, karena mencari referensi di dalam internet juga belum bisa menemukan.

Referensi:
http://arka.heck.in/sejarah-istilah-kata-komputer.xhtml
http://blog.re.or.id/pengertian-informasi.htm
http://www.scribd.com/doc/17403518/pengertian-komunikasi

No comments:

Post a Comment